Tuesday, December 29, 2009

RANGKUMAN PERISTIWA HEBOH DI TAHUN 2009


Tak lama lagi tahun 2009 akan kita tinggalkan dan tahun 2010 akan kita jelang. Ada begitu banyak peristiwa yang terjadi di tahun 2009. Secara pribadi, pahit getir, indah manis kehidupan di tahun 2009 juga kita lalui. Orang bijak bilang, jadikanlah masa lalu sebagai modal untuk melangkah ke masa yang akan datang.
Inilah rangkuman peristiwa penting di tahun 2009. Semoga menjadi inspirasi.
Januari
Kasus Prita dan UU ITE
Seorang ibu harus rela berpisah dari anaknya karena mendekam di Lapas Wanita Tangerang. Dia dinyatakan bersalah atas tuduhan pencemaran nama baik setelah dia mengirimkan keluhannya di berbagai media online melalui surat elektronik.
Awalnya, Prita berobat ke RS Omni Alam Sutra pada 7 Agustus 2008 jam 20.30 WIB. Dia pun didiagnosa menderita demam berdarah. Namun lantaran Prita merasa dikecewakan, dia pun menuliskan ceritanya di berbagai surat pembaca di media, termasuk media online. Prita dan UU ITE, Bebaskan Ibu Prita
Kapal Berpenumpang 300 Orang Tenggelam di Majene
Kapal Penumpang Seratai Prima Kosong diduga tenggelam di perairan Majene sekitar pukul 04.00 waktu setempat. Kapal berpenumpang 300 orang ini berangkat dari Pare-pare menuju Samarinda sejak pukul 19.35 Sabtu lalu.
Menurut Kepala Kepolisian Resor Majene Ajun Komisaris Besar Suyatmo, memperoleh kabar kapal tersebut tenggelam sekitar pukul 15.00 WIB. “Hingga kini baru 17 korban selamat ditemukan kapal nelayan,” kata dia kepada Tempo.
Tragedi Kebakaran Depo Pertamina Plumpang
Malam itu nyala api yang membubung tinggi terlihat di wilayah Jakarta Utara. Depo Pertamina yang berlokasi di kawasan Plumpang, terbakar hebat. Api yang keluar dari salah satu tangki penampung bahan bakar minyak, penyuplai kebutuhan bahan bakar di Jakarta dan wilayah sekitarnya atau Jabodetabek, dengan cepat membesar.
Ritual Asusila Aliran Sesat Satria Piningit Weteng Buwono
Warga di Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, geger. Aliran Satria Piningit Weteng Buwono yang dipimpin Agus Imam Solichin membuat warga ‘gerah’ lantaran diduga melenceng dari ajaran Islam.
Agus memiliki 40 orang pengikut. 12 Pengikut di antaranya anak-anak. Tidak ada kostum yang mencolok dari pengikut aliran ini. Para pengikut aliran ini hanya kompak memakai gelang batu giok warna dan ikat kepala merah putih.
Pria berambut gondrong ini bermarkas di Kebagusan 2 RT 10 RW 06, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Agus memiliki istri Sutari dan 3 anak yakni Fajar alias Putra, Bayu dan Tarti.
Februari
Fenomena Dukun Ponari
Mohammad Ponari (9 tahun), anak SD kelas 3, warga dusun Kedungsari, Desa Balongsari, Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, tiba-tiba saja menjadi “Dukun Tiban” (jadi dukun mendadak).
Dengan berbekal “batu ajaib”, ia mengobati pasiennya dengan cara mencelupkan batu saktinya ke segelas air lalu si pasien disuruh meminumnya, dan konon sang pasien merasa sembuh. Ada kalanya Ponari melakukan pijatan ke tubuh pasien yang mengalami kelumpuhan.
Sejak namanya tenar sebagai “juru penyembuh”, rumahnya dibanjiri puluhan ribu calon pasien yang tumpah ruah datang ke dusunnya.
Demo Pemekaran Rusuh, Ketua DPRD Sumut Tewas karena Serangan Jantung
Aksi brutal ribuan orang pendukung pembentukan Provinsi Tapanuli mengakibatkan tewasnya Ketua DPRD Sumatera Utara (Sumut) Abdul Aziz Angkat. Massa memukuli dan melempari Aziz setelah mengepungnya selama dua jam di Gedung DPRD Sumut kemarin. Aziz meninggal setelah mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Gleni International, Jalan Listrik Medan, sekitar 300 meter dari Gedung DPRD, tempatnya mengabdi sebagai wakil rakyat.
Mahasiswa Buddha Tolak Buddha Bar di Menteng
Keberadaan Buddha-Bar menuai protes. Mahasiswa Buddha pun meminta agar tempat hiburan yang beroperasi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, itu segera ditutup.
“Ini membuat hati umat Buddha Indonesia terasa terhujam,” gugat Ketua Umum PP Himpunan Mahasiswa Buddhis Indonesia Eko Nugroho dalam siaran pers yang diterima detikcom, Jumat (27/2/2009).
Maret
Tanggul Situ Gintung Jebol
Tanggul air di sekitar Situ Gintung, Ciputat, jebol akibat tidak dapat menahan debit air setelah hujan turun di wilayah yang terletak 2 kilometer dari perbatasan DKI Jakarta dengan Provinsi Banten tersebut. Beberapa rumah warga di sekitarnya terbawa arus setelah tanggul tersebut jebol, Jumat (27/3) sekitar pukul 02.00.
Mei
Facebook Haram
Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kalimantan Selatan (Kalsel) Prof H Asywadie Syukur Lc berpendapat, keberadaan Facebook (salah satu sarana komunikasi lewat dunia maya) bisa haram dan tidak.
Mantan Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Antasari Banjarmasin itu nampaknya berhati-hati dalam mengeluarkan pendapat mengenai Facebook yang belakangan ramai menjadi pembicaraan di berbagai kalangan di Indonesia, demikian dilaporkan, Minggu (24/4). Facebook Haram
Krisis Listrik hingga 2009
Sistem kelistrikan Jawa-Bali akan terus mengalami krisis sampai pertengahan tahun 2009. Pemadaman tidak bisa dihindari karena kapasitas pembangkit PLN tidak bertambah secara signifikan. Dengan pertumbuhan konsumsi listrik di atas 6 persen, cadangan daya pun terus tergerus.
Juni
Kampanye Pertama 2 Juni
Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi mengubah jadwal kampanye pemilu presiden dan wakil presiden (pilpres) 2009 menjadi 2 Juni, lebih cepat dibandingkan dengan jadwal sebelumnya.
“Kampanye dimulai 2 Juni 2009, dan berakhir tetap pada 4 Juli atau tiga hari sebelum pemungutan suara,” kata anggota KPU Andi Nurpati, di Jakarta, Rabu malam, didampingi anggota KPU Syamsulbahri.
Juli
Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Indonesia 2009 – 5
Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia Tahun 2009 (biasa disingkat Pilpres 2009) diselenggarakan untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden Indonesia periode 2009-2014.
Pemungutan suara diselenggarakan pada 8 Juli 2009.
Pasangan Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono berhasil menjadi pemenang dalam satu putaran langsung dengan memperoleh suara 60,80%, mengalahkan pasangan Megawati Soekarnoputri-Prabowo Subianto dan Muhammad Jusuf Kalla-Wiranto.

Polri-KPK Perang!
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) enggan menanggapi pernyataan pihak Polda Metro Jaya yang tengah membidik oknum di KPK. Pihak KPK mempersilakan polisi melakukan tugasnya asalkan sesuai prosedur hukum. ”Kalau di KPK, setiap tersangka, 80 persen jadi terdakwa. Mudah-mudahan mereka seperti itu, tidak perlu memperpanjang masalah. Kalau memang terbukti silahkan saja. Jadi tidak perlu ada perang urat saraf. Kita bukan malaikat,” kata Wakil Ketua KPK Bibit S Riyanto di KPK, Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Senin (13/7). Polri dan KPK apa yang diperebutkan
Bom Porak Porandakan JW Marriott – Ritz Carlton – 17
Ledakan yang terjadi di dua hotel di kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (17/07) pagi, mengakibatkan bagian depan hotel hancur berantakan.
Berdasarkan informasi yang dihimpun di Jakarta, Jumat (17/07) pagi, bagian depan Hotel Ritz-Carlton hancur tepatnya di restoran yang terletak di lantai dua.
Sedangkan hal yang sama juga terjadi di Hotel JW Marriott, yaitu di bagian lobi hotel yang terdapat di lantai dasar.
Ledakan terjadi pada sekitar pukul 07.45 WIB, yang pertama terjadi di Hotel JW Marriott, kemudian terjadi di Hotel Ritz-Carlton. Spekulasi Motif Bom Ritz-Carlton dan JW Marriot
MU Batal ke Indonesia
Meski belum diputuskan oleh panitia lokal di Indonesia, ofisial tim Manchester United menyatakan bahwa klub “Setan Merah” membatalkan kunjungannya ke Jakarta.
“Menyusul ledakan di salah satu hotel tempat kami akan menginap di Jakarta, dan berdasarkan saran yang kami terima, kami telah menginformasikan kepada otoritas sepak bola Indonesia kalau kami tak bisa memenuhi agenda tur di Jakarta dalam rangkaian Tur Asia 2009,” demikian pernyataan secara resmi Manchester United seperti diberitakan di BBC, Jumat (17/7).
Agustus
Mbah Surip Meninggal Dunia
Penyanyi fenomenal Mbah Surip meninggal dunia sekitar pukul 10.30 WIB dalam perjalanan ke Rumah Sakit Pusat Pendidikan Kesehatan TNI AD (Pusdikkes), Jakarta Timur. Saat tiba di kediaman pelawak Mamiek Prakoso, kondisi Mbah Surip sudah pucat.
Noordin M Top Tewas
Berbagai media internasional, Sabtu (8/8) pagi ini ramai memberitakan tewasnya gembong teroris yang paling dicari di Indonesia, Noordin M Top.
Berita awal datang dari Aljazeera yang berbasiskan di Qatar, Timur Tengah. “Pelaku Bom di Jakarta Terbunuh”, demikian judul yang tertulis di Aljazeera.net. Menurut Aljazeera, sumbernya di kepolisian memastikan hal ini.
Hal yang sama dilansir kantor berita Inggris Reuters. “Dia (Noordin) tewas tertembak di Temanggung,” ujar sumber Reuters di kepolisian. Sementara itu, The Straits Times menurunkan judul, “Teroris Paling Dicari di Asia Tenggara Diyakini Tewas Terbunuh”.

Anang-Krisdayanti Cerai
Rasa sakit hati Anang Hermansyah sudah tak terbendung terhadap Krisdayanti. Penyanyi sekaligus pencipta lagu ini akhirnya menceraikan sang istri secara Islam, empat hari sebelum puasa. Menurut lelaki berusia 40 tahun ini, semua sudah selesai. Termasuk pembagian harta gono-gini dan hak asuh anak.
Diva yang akrab disapa KD itu disebut-sebut berani bermain api di belakang suaminya. Malahan, KD memperkenalkan pria idaman lain itu pada anak-anaknya. “Mimi ajak om itu ke kamar. Kita lagi pada berenang,” ujar Titania Aurelie Nurhermansyah, putri Anang-KD dalam tayangan Kasak Kusuk SCTV, Senin (31/8).
September
Gempa Bumi di Bumi Minang
Gempa bumi Sumatera Barat 2009 terjadi dengan kekuatan 7,6 Skala Richter di lepas pantai Sumatera Barat pada pukul 17:16:10 WIB tanggal 30 September 2009. Gempa ini terjadi di lepas pantai Sumatera, sekitar 50 km barat laut Kota Padang.
Gempa menyebabkan kerusakan parah di beberapa wilayah di Sumatera Barat seperti Kabupaten Padang Pariaman, Kota Padang, Kabupaten Pesisir Selatan, Kota Pariaman, Kota Bukittinggi, Kota Padangpanjang, Kabupaten Agam, Kota Solok, dan Kabupaten Pasaman Barat.
Menurut data Satkorlak PB, sedikitnya 1.115 orang tewas akibat gempa ini yang tersebar di 3 kota & 4 kabupaten di Sumatera Barat, korban luka berat mencapai 1.214 orang, luka ringan 1.688 orang, korban hilang 1 orang. Sedangkan 135.299 rumah rusak berat, 65.306 rumah rusak sedang, & 78.591 rumah rusak ringan.
Kontroversi Film Miyabi
Maria Ozawa alias Miyabi, bintang film porno Jepang dipastikan akan tampil di film komedi ‘Menculik Miyabi‘. Sttt…rencananya film tersebut siap dirilis Maxima Picture pada akhir 2009 mendatang. “Rencananya akhir 2009 ini, bulan Desember,” ujar Odi Mulya Hidayat produser Maxima Pictures saat bincang-bincang dengan detikhot lewat telepon, Rabu (16/9/2009).

November
Kontroversi Film 2012
Isu tentang “Kiamat 2012” sangat terkait dengan ramalan suku Maya sebagaimana digambarkan dalam salah satu penanggalan kunonya yang menyatakan jika pada 21 Desember 2012 akan terjadi pergantian abad yang ditandai dengan “pembersihan bumi”. Dalam peristiwa ini, umat manusia akan memulai satu abad yang sama sekali baru. Ramalan suku Maya memang sangat diperhatikan banyak kalangan, dari akademisi hingga kalangan supranatural, disebabkan bangsa ini memang terkenal dengan keakuratan sistem penanggalannya.

Menurut hemat penulis, kontroversi film 2012 sebenarnya mengherankan karena film ini tidak beda jauh dengan film-film bertema sama yang lebih dahulu tayang seperti film The Day After Tomorrow (2004) dan Knowing (2009). Hanya saja patut diakui jika di film 2012, spesial efeknya memang lebih canggih ketimbang film-film lainnya. Sedangkan alur cerita dan plot bisa dibilang tidak ada yang baru.

Desember
Hari Anti Korupsi
Ada nuansa yang berbeda pada perayaan Hari Antikorupsi se-dunia 2009. Di tahun-tahun sebelumnya, peringatan hari antikorupsi kerap diselingi acara resmi pemerintah, kali ini tidak. Yang merayakan pada 9 Desember 2009 adalah masyarakat luas, di ibukota dengan melakukan demonstrasi damai.
Bila dirunut ke belakang, banyak hal menarik terjadi di perayaan hari antikorupsi ini. Pada 9 Desember 2004, misalnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menerbitkan Keputusan Presiden tentang Percepatan Pemberantasan Korupsi. SBY waktu itu baru dua bulan menjabat sebagai Presiden.
Tiger Woods Selingkuh
Selingkuhan miliader yang kaya raya dari bermain golf itu mulai dari model bikini, pelayan rumah makan, sampai peserta acara reality show. Akibatnya jelas: citra Tiger Woods yang semula mulus, sehingga banyak produk menyewanya sebagai bintang iklan, tiba-tiba saja dipenuhi cela.
Buku Heboh Membongkar Gurita Cikeas
Buku terbitan Galangpers, Yogyakarta, ini hanya memberikan porsi satu bab untuk membahas keterlibatan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam kasus century. Itupun menyajikan data-data hampir sama dengan yang selama ini beredar di media massa. Alhasil, judul buku karangan George dianggap sekadar mencari sensasi.
Buku George justru lebih banyak mengulas berbagai kinerja yayasan di sekitar Presiden Yudhoyono. Geroge menyebut yayasan-yayasan itu sebagai alat menggalang dana untuk kepentingan politik. Menurut George, kebanyakan penyumbang dana adalah pengusaha hitam.
Prita Diputus Bebas dibela Aksi Koin Peduli
Majelis hakim Pengadilan Negeri Tangerang memutuskan Prita Mulyasari (32) tidak terbukti secara sah melakukan pencemaran nama baik terhadap RS Omni International Alam Sutera Serpong Tangerang Selatan, Selasa (29/12/2009). Keputusan itu dibacakan majelis hakim yang diketuai Arthur Hangewa. Mendengar dinyatakan bebas, Prita langsung menyebut alhamdulillah dengan tangan menengadah ke atas. Dan, Prita pun menangis. Putusan bebas ini juga tidak lepas dari perjuangan panjang mencari keadilan melalui tekanan publik yang peduli keadilan dengan aksi koin peduli Prita.

Gus Dur Wafat

Abdurrahman Wahid (Gus Dur) Kesehatan Naik-Turun sejak Belasan Tahun meningal dunia dalam usia 69 tahun. Berdasar keterangan dokter, presiden Ke-4 RI itu mengembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta, kemarin, sekitar pukul 18.45. Ketua Tim dokter dr. Yusuf Misbach mengungkapkan, Gus Dur meninggal setelah menderita berbagai penyakit. Kesehatan mantan orang nomor satu di Indonesia itu drop kembali untuk kesekian kalinya mulai sekitar pukul 11.30 WIB. "Kondisi kesehatan beliau memburuk berkaitan dengan penyakit diabetes, ginjal, stroke, dan jantung," ujar Yusuf Misbach, di Gedung RSCM. Menurut dia, tim dokter sebenarnya telah berupaya melakukan sejumlah tindakan medis.

Sumber : laura.blog.uns.ac.id dan berbagai sumber lainnya



Comments :

1
Angel Tan said...
on 

Promo Spesial Bonus 100% Judi Online Di Indonesia *Khusus Disitus Agen Bolavita !

Menyediakan Berbagai permainan yang lengkap dan terjamin keamannnya.

Tersedia Promo Bonus Yang dapat anda klaim langsung :
» Bonus Deposit Pertama New Member 10%
» Bonus Deposit Harian 5%
» Bonus Cashback 5% – 10%
» Bonus Rollingan 0.5% + 0.7%
» Bonus Referral 7% + 2% Seumur Hidup

Bonus Spesial ( Dapat di Klaim Setiap Hari )
» Bonus 100% ( Taruhan Win Beruntun )

Dapat bertransaksi Deposit & Withdraw Yang Lengkap, Seperti :
- Transfer Bank ( Semua Jenis Rekening Bank di Indonesia )
- Ovo
- Gopay
- Dana
- Linkaja
- Pulsa
- Sakuku

Daftar Bolavita
KOntak Bolavita
» Nomor WhatsApp : +62 812-2222-995
» ID Wechat : Bolavita
» ID Line : cs_bolavita
» ID Telegram : @bolavitacc

Post a Comment

 

Copyright © 2009 by SBU INSTITUTE